Bicara Film



Ajang penghargaan bergengsi bagi insan perfilman nasional Festival Film Indonesia (FFI) yang tahun ini akan menginjak penyelenggaraan ke-4 setelah sebelumnya sempat mati suri hampir 12 tahun lamanya - Kini mengusung tagline dan logo baru yaitu "Bangkit Menuju Citra Baru".

Dalam jumpa pers sekaligus syukuran insan perfilman pada Jumat (5/9/2008) malam di Gedung Film-Jakarta, yang dihadiri juga oleh Menbudpar Jero Wacik, SE dan aktor senior yang juga Ketua BP2N, Deddy Mizwar tersebut, didapat kabar menyegarkan kalau mulai tahun depan pemerintah akan memberikan subsidi untuk film-film yang mengangkat tema kolosal atau kepahlawanan. "Saya lihat sangat jarang diproduksi film-film kolosal dan kepahlawanan, kalau yang cinta-cintaan kan sudah banyak, sudah pasti laku!", kata Jero Wacik dalam kesempatan itu.

Acara yang dihadiri oleh sejumlah aktor/aktris serta beberapa insan perfilman tersebut berlangsung cukup meriah dengan hiburan marawis, pentas tari dari Sanggar Ananda dan penyanyi Ratna Listy serta Rizky AFI. Menurut rencana, FFI tahun ini akan diselenggarakan pada bulan Desember mendatang dengan tempat masih terbuka untuk kota maupun daerah yang sanggup menyelenggarakan perhelatan Malam Puncak FFI 2008.

"Saya menantang setiap daerah atau Kotamadya untuk berlomba-lomba menjadi penyelenggara Malam Puncak FFI 2008, ini promosi untuk daerah itu sendiri, kalau tahun lalu Riau sudah ambil bagian dan daerahnya menjadi terkenal karena banyak artis yang mau datang ke sana maka tahun ini giliran daerah mana lagi yang siap untuk menjadi penyelenggara Malam Puncak FFI?", kata Jero Wacik lagi.

Sejak diselenggarakan pada tahun 2004 lalu, seiring pesatnya peningkatan produksi film nasional, diperkirakan akan ada sekitar 80 film yang masuk ke meja panitia pada FFI tahun ini. "Sampai Agustus ini sudah ada sekitar 56 judul film yang diproduksi, ini peningkatan sangat penting buat industri film kita, pernah dalam setahun cuma ada 2 judul film, lalu akhirnya meningkat lagi dan semoga industri film bisa kembali menggeliat!", kata Deddy Mizwar dalam pidatonya malam itu.

Tahun lalu, film "Naga Bonar Jadi Dua" arahan Deddy Mizwar berjaya memperoleh penghargaan tertinggi sebagai Film Terbaik di ajang Festival Film Indonesia 2007. Tahun ini menurut perkiraan akan ada sekitar 50 film yang diikutsertakan dalam FFI 2008, panitia sendiri akan menyeleksi serta menilai untuk kategori Film Cerita, Film Dokumenter, dan Film Pendek.

Source: amild

thanks to KapanLagi.com for photo above

Categories: ,

Butuh Kamus ???

Gandakan Uang Anda Dengan Mudah,Murah,Cepat Disini