Bicara Film



TUJUH BELAS AGUSTUS TAHUN EMPAT LIMA
ITULAH HARI KEMERDEKAAN KITA
HARI MERDEKA...NUSA DAN BANGSA
HARI LAHIRNYA BANGSA INDONESIA
MERDEKA…


Sepenggal bait lagu diatas merupakan lagu yang tidak pernah lupa dinyanyikan setiap tanggal 17 Agustus oleh siapapun yang merasa cinta terhadap Indonesia. Yup lagu yang berjudul HARI MERDEKA tersebut mempunyai arti dan makna yang mendalam bagi rakyat Indonesia. Karena pada tanggal tersebut (17 Agustus 1945) Indonesia resmi menjadi sebuah Negara yang merdeka dan saat itu pula rakyat Indonesia akhirnya menghirup udara kebebasan dari segala bentuk penjajahan.

Tahun 2008 ini Indonesia merayakan hari jadinya yang ke 63.bendera yg bagus Dan sejarah mencatat beberapa kisah Hitam dan Putih bangsa Indonesia. Selama lebih dari setengah abad Indonesia merdeka, Negara ini juga banyak mengalami jatuh bangun kehidupan sebagai wujud perubahan yang lebih baik diantaranya adalah pergolakan politik dalam negeri yang hingga kini masih menjadi perhatian pemerintah dan masyarakat.

Pergantian sistem pemerintahan yang diikuti pergantian kabinet yang akhirnya menyebabkan perubahan disemua aspek kehidupan bermasyarakat Indonesia. Pada bulan Mei 1998 seluruh rakyat Indonesia menyambut lahirnya era demokrasi yang sudah lama dinantikan dimana semua hak dan kebebasan manusia menjadi nyata. Segala hal yang dulunya dianggap tabu dan terbatas untuk diucaokan dan dilakukan kini menjadi hal yang biasa dan lumrah dari segi demokrasi. Tak ada lagi larangan dalam menyatakan pendapat atau kritik untuk pemerintah.

Pesta demokrasi rakyat Indonesia juga dinyatakan dengan prosesi pemilihan umum (pemilu) guna memilih pemimpin Negara dimana setiap rakyat yang terdaftar sebaga WNI dan memenuhi syarat sebagai pemilih berhak menggunakan hak suaranya untuk menentukan pemimpin pemerintahan di tingkat pusat maupun daerahnya.

Demokrasi semakin digunakan sebagai alat untuk mensahkan ‘kebebasan berekspresi’ dimana yang dulunya kata ‘ekspresi’ banyak digunakan para seniman, maka kini istilah itu digunakan oleh semua golongan dan profesi termasuk para sineas dan semua pengisi gallery hiburan di Indonesia.

Bebas berekspresi tentu sah-sah saja selama memang memberi manfaat dan benar-benar berarti, namun jikalau sebaliknya maka tidaklah semestinya kita mengatasnamakan ‘demokrasi’ dan ‘profesionalitas’ semata.

63 tahun Indonesia merdeka juga harus diikuti kemerdekaan pikiran dan ekspresi kita dalam bertindak benar dan sesuai aturan hukum, masyarakat, dan agama.


Agar bait lagu HARI MERDEKA tersebut bisa kita nyanyikan dengan penuh makna

SEKALI MERDEKA TETAP MERDEKA
SELAMA HAYAT MASIH DIKANDUNG BADAN
KITA TETAP SETIA...TETAP SEDIA
MEMPERTAHANKAN INDONESIA
KITA TETAP SETIA...TETAP SEDIA
MEMBELA NEGARA KITA

bendera indonesia

Categories:

One Response so far.

  1. Anonim says:

    http://www.youtube.com/watch?v=mTjN23hK8n0

    coba itu :)
    salam kenal

Butuh Kamus ???

Gandakan Uang Anda Dengan Mudah,Murah,Cepat Disini